Team terbaik biasanya diisi oleh orang terpilih, dan terbaik juga. Sebab mereka adalah salah satu penentu profit, penentu kemajuan perusahaan. Tentu disamping variable lain penentunya. Orang dengan prestasi yang baik biasanya konsultasi, rasanya Need Achievement yang menggelegar dalam dirinya saat ini membuatnya terus bertanya, hal apa yang bisa mendorong dirinya menjadi yang lebih baik dan terus lebih baik. Biasanya saya memberi saran 4 hal yang perlu dilakukan minimal. 4 hal ini sangat psikologis sekali dan tidak bengis, begitu mudah diaplikasikan dalam sehari hari.
1. Presence
Dalam ilmu healing biasanya dimaksudkan untuk hadir penuh, sadar secara utuh dirinya saat ini, sekarang juga. Ini menjadi tanda kesehatan psikis yang baik, yaitu orang yang tidak terjebak dengan masa lalu namun tidak terjerat masa depan. Ya focus hanya untuk hari ini. Terjerat masa lalu biasanya disebut gagal move on, namun dampaknya tidak sesederhana itu, hari demi hari terus terjebak masa lalu, biasanya mereka yang seperti ini memiliki masa lalu yang sulit apakah karena mengalami trauma atau mengalami luka batin lain. Waktu tidak menjanjikan bisa memberi kepastian untuk sembuh. Dalam rekrutment, mengapa perlu diketahui masa lalunya, sebab masa lalu yang belum beres biasanya hari ini pun akan amburadul. Tes psikologi bisa terlihat memberi data. Hal yang sama dengan orang yang terjerat masa depan, dirinya terus berbicara visi misi dan teknologi masa depan, namun melupakan tugas di depan mata. Saya sering mendapati orang seperti ini juga cukup berantakan dalam menyelesaikan pekerjaan.
2. Fahami distraksi
Orang terbaik biasanya memiliki focus yang terbaik. Mereka cukup terlatih memikirkan
apa yang perlu dipikirkan dan rasakan apa yang perlu dirasakan. Hal ini tidak
hanya menjadi quote terbaik yang saya peroleh namun membutuhkan proses yang
panjang, dan saya praktekkan betul ternyata hasilnya bagus. Tidak mudah
memang, sebab rata rata orang akan selalu memikirikan hal hal yang tidak perlu.
Distraksi adalah pemecah
konsentrasi. Bentuknya banyak, apakah berupa notifikasi hp, scroll media social
atau melakukan apa pun yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, bisa
juga karena selalu memikirkan hal yang tidak tidak.
Kenapa kalau dalam rapat saya selalu menyimpan hp dalam tas, dan biasanya
saya silent, itu cara untuk memastikan bahwa fikiran saya
tidak dipecahkan oleh aktivitas tidak penting.
Kalau Anda menjadi
manajer, Anda bisa memastikan orang yang aktivitasnya terdistraksi biasanya menjadi
orang yang tidak tuntas pekerjaanya.
SOP harusnya memastikan team bekerja menjalankan tugas dan terbebas dari
apa pun yang membuat konsentrasi team terpecah. HRD pun perlu meneliti cukup
detail.
3. Mengerti
bagaimana mengelola energy
"Energi itu menular,
positif dan negatif. Aku akan selamanya memperhatikan apa dan siapa yang aku
izinkan masuk ke ruangku." Ini seorang Alex Elle yang ngomong. Konon Everything is energy, dan saya percaya ini. Banyak orang gagal
mencapai impian hidup bukan kurang pintar namun karena kehabisan tenaga untuk
mencapainya. Kenapa ? ada cara yang keliru dalam mengolah energy. Ini penting. mengapa saya harus makan tepat waktu, ini cara
untuk memastikan bahwa tubuh perlu diberi supply terbaik yang pada saatnya
tubuh betul betul memberikan feed back yang prima.
Begitu pula tidur. Banyak kekacauan diawali dari kekacauan pola tidur. Ini
jawabannya, Kenapa Rosul Tidur siang dan lelap di awal waktu. Saya merasakan
faedah tidur siang ini luar biasa meski hanya 25 menit. Kita benar benar fit
untuk bekerja sampai sore. Ini jawaban kenapa orang yang gagal mengelola waktu
tidur biasanya agak lelet dalam mengolah informasi. karena otak, dan tubuh
terlalu deficit energinya.
Cek beberapa karyawan yang sering bergadang bermain hp, sering ngafe sampai larut malam biasanya
menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan. Kenapa, karena tubuh, jiwa dan
pikiran gagal memberikan kinerja terbaiknya. Karena dirinya sendiri tidak
memberikan porsi yang terbaik.
4. Pastikan semua seimbang.
Keseimbangan ini penting, tanpa keseimbangan, siapa pun akan mendapat
distraksi yang maksimum benar benar mengganggu pikiran. Banyak orang terbaik
seiring usianya yang semakin sepuh akhirnya semakin tidak efisien dalam bekerja
karena banyak persoalan dalam tubuhnya.
Keseimbangan tidak bisa terlepas dari 2 point di atas yaitu distraksi dan
energy. Kegagalan mengelola distraksi dan kegagalan mengelola energy selalu
dipastikan akan berimbas pada keseimbangan.
Contohnya mudah sekali, karyawan yang sering scroll medsos akan membuat
beberapa tugas terlambat dilaksanakan. Karena tugas tidak dilaksanakan tepat
waktu, maka karyawan akan pualang terlambat. Karyawan yang pulang terlambat
akan berimbas pada kualitas waktu yang tidak banyak untuk keluarga.
Kita
tahu bahwa kecelakaan bisa bersumber dari kerusakan roda,kerusakan roda bisa
karena salah satu baut yang kurang kokoh
terpasang. Dan baut yang kurang kokoh terpasang itu bisa juga karena kualitas pemasangan yang terburu buru. 1
masalah akan menyebar menjadi masalah baru yang lain.
Sebagai bisnis
owner, manajer, spv, pastikan team Anda dalam 1 frekwensi
bahkan sampai pada titik teknis, team mengerti dan menghayati tugas sampai pada
penghayatan nafas dan gerak batin perusahaan.
Mengambil tanggung jawab adalah cara terbaik daripada menyalahkan team. Sebab karyawan bermasalah biasanya diawali dari rekrutmen yang keliru,
rekrutmen yang keliru diawali dari jobdec dan jobspec yang tidak jelas, jobdes
dan jobspec yang tidak jelas biasanya administrasinya pun amburadul, jika semua
amburadul, cek supervisornya, dan cek manajernya. Pembinaan dan control itu
penting. Pembinaan yang baik akan mengurangi jumlah SP yang keluar dan
menghasilkan pegawai yang bahagia.
Empat hal di atas sebenarnya
tidak melulu harus di kantor, dalam rumah pun bisa diaplikasikan. Dalam hal
distraksi saja sudah banyak terjadi, di mana suami istri, selalu disambi dengan
scroll hape. Terus kita berharap ada komunikasi yang mendalam gitu, kan gak
sebegitunya juga ya Furgoso.
Kerjakan segala sesuatu
dengan baik, maka dengan sendirinya segala sesuatu yang baik pun akan
mengikutinya. Demikian Judge Judd berpetuah.
EmoticonEmoticon