Sabtu, 13 Oktober 2018

Ringkasan Cara Supaya Anak Akrab Sama Ayah.



Menurut penelitian, anak perempuan yg deket sama Ayahnya selain jadi lebih mandiri, tahan menghadapi php laki alay, juga akan membuat tangguh menghadapi rasa sepi.
Menurut yang pernah punya anak perempuan, katanya punya anak perempuan itu memang bisa dikatakan ribet, sebab selain anggaran banyak tersedot untuk membiayai penampilannya terutama saat masuk menstruasi pertama, juga lumayan ribet ketika menghadapi mood swing nya.
Di sisi lain justru para ulama menjelaskan ternyata banyak sekali keutamaan memiliki anak perempuan. Setidaknya ada 3 keutamaan punya anak perempuan, coba deh chek point di bawah ini :
  1. Pelindung dari Api Neraka. yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindung baginya di neraka”. (HR Ahmad). Jika seorang pasangan suami diberi anugrah oleh Allah dengan titipan seorang anak perempuan dan mampu melewati ujian Allah dalam hal menuntun dan mendidik anak perempuan tersebut pada jalan Allah, maka akan menjadi pelindung kedua orang tuanya dari api neraka.
  2. Dekat dengan Rasulullah. Siapa yang menanggung nafkah anak perempuan sampai baligh, maka pada hari kiamat antara saya dan dia seperti ini. beliau menggabungkan jari jarinya”. (HR Muslim). Rosul sendiri memiliki anak perempuan yang bernama Fatimah Az Zahra, isterinya sayyidina Ali.
  3. Jalan Masuk Surga.  Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga”. (HR Abu Daud).
Cakep kan ? harus dirawat serius punya anak perempuan itu, sebab awal fitnah dan aib itu banyak berasal wanita. Jika para kaum wanita ini kokoh karakternya, insyallah negara akan kuat, karena penghancuran sebuah bangsa biasanya dimulai dari kehancuran pendidikan keluarga. Ibu sebagai madrasah pertama berperan sangat penting dalam hal ini.
Pertanyaannya adalah bagaimana caranya supaya Ayah bisa akrab sama anak perempuan ? ini ringkasannya
1.       Saya sering nyuruh anak bikin teh. ya kurang enak sih rasanya tapi diekspresikan enak aja lah. supaya dia seneng. Gak hanya teh sih, kadang Cuma minta diambilkan air putih saja sudah suka.
2.       Bikin moment kedekatan. gak usah kece badai dah, pas jalan ke mesjid aja sudah, dia biasanya minta parfum ayahnya.
3.       Browsing bareng, saya sendiri termasuk yang kurang sepakat kalau anak diberi gadget, kecuali pada kondisi tertentu misal mencari cara menggambar yang bagus, atau mencari resep makanan sederhana, sederhana sih yang penting terlibat. Bukan ayah bermain hp sendiri dan anak browsing sendiri.
4.       Membaca buku bareng juga cukup efektif membangun kedekatan, meski secara personal saya termasuk orang kinestetik, tapi saya termasuk pembaca yang tekun dan ternyata anak yang perempuan juga suka.
4 hal diatas sebenarnya teknis saja, sebab inti dari semuanya ini adalah keterlibatan bareng antara Ayah dan anak perempuan dalam kegiatan bersama yang sifatnya tidak formal. Sesekali sih formal, misal ketika chek nilai mata pelajaran anak, tapi selama anak belum masuk usia kelas 5 anak tidak begitu banyak ditegesin untuk belajar, tapi kalau untuk kedisiplinan harus.
Ayo Ayah, bisa kok dengan cara sendiri yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Jika para wanita di Negara kita ini hebat hebat, saya yakin Indonesia akan melesat menjadi Negara yang hebat.  Kalo sudah hebat, cantik itu faktor ikutan kok. cantik dengan sendirinya.  hehehe.


EmoticonEmoticon